Monday, 23 January 2017

Menjajal Coggle


Beberapa hari lalu saya mencari aplikasi untuk membuat mind map. Gugling sebentar, akhirnya kesasar ke situs Coggle.

Coggle sendiri adalah aplikasi online berbasis web, di mana kita bisa membuat diagram yang bercabang-cabang. Kita bisa memanfaatkan diagram Coggle dengan fleksibel untuk berbagai keperluan. Dengan aplikasi ini, kita bisa membuat brainstorming untuk berbagi ide-ide brilian kita, atau mendata apa saja yang perlu dibawa saat kemping, atau mengeksplorasi rencana proyek sejuta dolar kita. Saya sendiri, misalnya, memanfaatkan Coggle untuk mendata masalah-masalah yang sedang dihadapi murid privat saya yang kebetulan bekerja di sebuah perusahaan swasta.



Diagram yang kita bikin awalnya hanya berupa judul, di mana kita bisa menambahkan cabang (branch) dengan mengklik tanda (+). Cabang yang kita buat bisa diedit untuk menambahkan teks. Cabang yang ada juga bisa kita tambah, hapus, duplikasi, pindah ke cabang lain, atau kita kasih penanda hubungan dengan cabang lain (dengan ciri garis putus-putus).

Kita bisa membuat tulisan cetak tebal atau miring. Selain itu, kita juga bisa menambahkan gambar, tautan ke alamat web, atau ikon lainnya. Cukup lengkap untuk aplikasi gratisan, lah.

Cuma, kalau ingin fitur lebih lengkap, Coggle menyediakan layanan premium dengan biaya mulai 5 dolar sebulan. Dengan mengakses layanan ini, kita bisa mengubah warna cabang yang kita buat, merapikan diagram kita secara otomatis agar tampak rapi, dan beberapa kemudahan lainnya.

Yang paling penting, dengan akun premium, kita dapat menyimpan diagram kita secara privat. Ini penting untuk diingat, karena versi gratisan hanya memungkinkan satu diagram privat, sisanya dapat dilihat publik. Kita tentu tidak ingin ide brilian kita yang mahal dicuri orang kalau dibiarkan terbuka begitu, 'kan?

Sejauh ini, saya yang nggak punya ide brilian tentu sudah cukup puas lah, memanfaatkan versi gratisan saja. Kalau anda adalah kalangan profesional atau pengusaha, tentu tidak salahnya menjajal versi berbayarnya untuk mendapatkan fitur-fitur yang lebih meriah dan memudahkan.

No comments:

Post a Comment